IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN UNTUK TINGKAT SMK BERBASIS WEB

BAB I

PENDAHULUAN

I.1        Latar Belakang

SMK N 2 Yogyakarta sebagai rintisan sekolah berstandar internasional memiliki tugas dan tanggung jawab kepada bangsa untuk mendidik anak bangsa yang berkualitas dan responsife terhadap kemajuan IPTEK di era teknologi informasi. Sementara itu dalam tujuan umum pendidikan tercantum bahwa penyelenggara pendidikan memiliki tujuan untuk menyiapkan tenaga yang cakap untuk memangku jabatan yang memerlukan pendidikan tinggi dan yang cakap berdiri sendiri dalam memelihara dan memajukan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan tersebut maka SMK N 2 YOGYAKARTA dituntut untuk bisa meningkatkan pendidikan yang diselenggarakannya khususnya dalam cara penyampaian.
Selama ini proses pembelajaran yang ada di SMK N 2 Yogyakarta masih bersifat konensional, dengan kata lain bahwa proses belajar mengajar antara siswa dengan guru pengajar hanya bisa dilakukan dengan syarat terjadinya pertemuan antara siswa dan guru di dalam kelas. Jika pertemuan antara guru dan siswa tidak terjadi maka secara otomatis proses pembelajaran pun tidak dilaksanakan. Selain itu proses transfer ilmu pengetahuan hampir sepenuhnya di dalam kelas yang menyebabkan transfer ilmu pengetahuan bisa terlambat jika pertemuan tidak terjadi. Keadaan seperti ini sangat jelas dapat menghambat proses pembelajaran yang dapat berakibat berkurangnya pemahaman siswa terhadap suatu materi pelajaran.
            Untuk meningkatkan cara penyampaian materi tersebut dapat dilakukan tidak hanya dengan cara konvensional yang dilakukan didalam kelas saja, tetapi dapat pula dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya adalah internet. Dengan pemanfaatan internet memungkinkan proses penyampaian materi bisa dilakukan tanpa adanya pertemuan langsung antara pengajar dan peserta didik.Selain itu proses penyebaran artikel, makalah, maupun materi materi ilmu pengetahuan lainnya kepada masyarakat luas dapat dilakukan dengan lebih mudah melalui jaringan internet. Dengan latar belakang tersebut maka penulis mengambil judul untuk tugas akhir IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN UNTUK TINGKAT SMK BERBASIS WEB ( STUDI KASUS SMK N 2 YOGYAKARTA ) ” , sebagai media pendukung untuk pembelajaran.

I.2      Rumusan Masalah

Dari uraian diatas diketahui bagaimana pentingnya suatu instansi pendidikan menggunakan sistem pembelajaran yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Web dipilih sebagai sarana pendukung dengan alasan bahwa web cukup cepat dalam penyampaian dan penyebaran informasi. Alasan lainnya adalah bahwa web bisa diakses kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan komputer yang terhubung dengan internet. Selain itu web memiliki beragam fasilitas untuk mendukung pembelajaran online. Di dalam halaman web bisa berisi gambar, suara, animasi, hypertext dan hyperlink.

I.3        BatasanMasalah

Ditinjau dari luasnya permasalahan yang ada, maka penelitian ini memiliki batasan yaitu :
1.      Proses pendaftaran menjadi anggota baik guru maupun siswa.
2.      Proses upload materi dan  tugas  oleh guru.
3.      Proses download materi dan tugas oleh siswa.
4.      Proses tanya jawab tentang materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.
5.      Proses forum diskusi yang membahas pelajaran tertentu antara guru dan siswa.
6.      Proses forum diskusi yang membahasa permasalahan–permasalahan umum yang melibatkan member.

I.4        Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian yang penulis lakukan yaitu:
1.      Membuat dan mengerti pembuatan sistem pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi internet untuk menyampikan informasi secara cepat, aktual dan dapat digunakan oleh orang lain agar informasi dapat lebih bermanfaat.
2.      Sistem yang dibuat dapat membantu pihak yang terkait dalm mendukung pembelajaran.

I.5        Manfaat Penelitian

Hasil dari penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam memfasilitasi siswa dengan guru untuk melakukan proses pembelajaran diluar kelas, memfasilitasi siswa dengan guru berkomunikasi dan memfasilitasi siswa untuk memperoleh bahan pelajaran secara mudah, serta untuk memudahkan penyebaran ilmu pengetahuan dan informasi bagai masyarakat luas.

I.6        Sistematika Penulisan

Guna mempermudah dalam penyusunan laporan, maka berikut inia kan dijabarkan sistematika penulisan laporan sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
            Pada bab ini akan dibahas mengenai latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan, batasan masalah dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN  TEORI
            Pada bab ini membahas mengenai tinjauan pustaka dan teori-teori tentang HTML, PHP ,MySQL, Sistem Pembelajaran, Web E-Learning dan seputar dunia internet .
BAB III METODE PENELITIAN
            Bab ini membahas metode penelitian data serta data penelitian.
BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN  SISTEM
Pada bab ini akan dijelaskan tentang gambaran sistem secara umum,mekanisme pembelajaran dengan sistem e-learning, diagram arus data, struktur tabel, relasi antar tabel, diagram alir sistem serta rancangan masukan dan keluaran.
BAB V IMPLEMENTASI SISTEM
            Menjelaskan kinerja sistem pada tahap implementasi. Penggunaan sistem, cara kerja dan pengujian sistem akan dijelaskan juga pada bab ini.
BAB VI PENUTUP
            Bersisi tentang kesimpilan dari penulisan dan beberapa saran.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

hasil skripsi  http://belajarsmk2yk.byethost6.com/

1 comments: