Konsep Manajemen Dalam Wirausaha

Konsep Manajemen Dalam Wirausaha .Arti manajemen masih belum terdapat keseragaman penterjemahan dalam bahasa Indonesia. Beberapa diantaranya mengartikan manajemen adalah ilmu , seni , pengurusan , kepemimpinan, ketatalaksanaan, pembinaan, ketatapengurusan, pengelolaan dan sebagainya (Moekijat :1980:290). Dalam konsep manajemen hal yang lebih penting dalam melakukan setiap kegiatan perlu memperhatikan fungsi-fungsi manajemen ,yaitu :
  1. Fungsi perencanaan yaitu suatu konsep manajemen dalam wirausaha dalam menentukan kegiatan yang telah ditetapkan yaitu meliputi apa yang dikerjakan (what), siapa yang mengerjakan (who), kapan harus dikerjakan (when) , dimana itu harus dikerjakan (where).
  2. Fungsi Pengorganisasian yaitu suatu konsep manajemen dalam wirausaha dalam menentukan  kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu dalam suatu kelompok , melalui cara mengelompokan kegiatan, menentukan siapa yang akan memimpin kelompok tersebut, menyerahkan wewenang dan tugas untuk melaksanakan kegiatan kepada paa pemimpin dan menentukan hubungan antar kegiatan kelompok dengan kelompok lain.
  3. Fungsi Pergerakan yaitu suatu konsep manajemen dalam wirausaha dalam  mendorong semangat kerja bawahaan, mengarahkan aktivitas bawahan, mengorganisasi beberapa aktivitas bawahan menjadi kompak sehingga sesuai dengan rencana dan tujuan.
  4. Fungsi Pengawasan yaitu suatu konsep manajemen dalam wirausaha untuk menentukan pengendalian kegiatan membandingakn antara kegiatan pelaksanaan dengan standar standar yang telah direncanakan , serta melakukan pencatatan akan hasil - hasil yang diperoleh guna penyediaan data bagi perencanaan yang akan datang.
Pada prinsipnya setaip orang atau organisasi memerlukan manajemen , krna manajemen merupakan alt untuk mememcahkan permasalahan yang dihadapi .

0 comments